Tagana Bangun Tenda untuk Warga Korban Gempa di Halut

Tagana saat membangun tenda untuk warga. (Foto; Chydo NMG)

TIVATIMUR.COM,HALUT- Satuan Brimob, TNI Polri dan Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Provinsi Maluku Utara (Malut), mulai memasang tenda di halaman kantor Camat Tobelo Barat, Halmahera Utara.

Tenda-tenda yang dibangun ini untuk warga Desa Kusuri, Kecamatan Tobelo Utara, yang menjadi korban gempa berkekuatan 5,5 magnitudo yang mengguncang wilayah Halmahera Utara (Halut), Provinsi Maluku Utara (Malut), Minggu (10/1/2022).

Bacaan Lainnya

Informasi yang diterima wartawan Nuansa Media Grup (NMG) di lapangan, jumlah korban gempa di Desa Kusuri yang diamankan di kantor Camat Tobelo Barat sebanyak 66 jiwa.

Ketua Tagana, Edwin Pasanea menjelaskan, Tagana hadir untuk mendata kerusakan bangunan dan korban jiwa. Selain itu, pihaknya juga akan menyiapkan bantuan-bantuan dalam bentuk sembako, termasuk makanan bayi dan ibu hamil.

“Kehadiran Tagana disini menyediakan bahan bahan yang mendesak,” singkatnya.

Hal yang sama disampaikan Wadanki Brimob Kompi 1 Yon A, Iptu Maks Manolang. Dirinya mengaku telah menerjun 20 personilnya untuk membangun tenda. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan BPBD Halut apa saja yang perlu disiapkan.

“Kita selalu siap di lokasi sambil menunggu petunjuk selanjutnya,” ungkapnya, singkat.

Plh Pasiops Dim Tobelo, Kapten Arh Moh. Ali mengatakan, kehadiran TNI ini untuk membantu mendirikan tenda pengungsi, dan membersihkan puing-puing di rumah-rumah penduduk yang mengalami korban bencana, seperti fasilitas umum yaitu rumah penduduk dan gereja.

“Personil yang diturun sebanyak 20 orang, diantaranya Makodim dan Koramil Tobelo, dan di Kao ada Koramil Kao,” sebutnya. (fnc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.