Program “Lolinga” Pra Pemilu 2024, Bawaslu dan KPU Tikep Silaturahmi ke Parpol

Foto bersama anggota Bawaslu, KPU dan Pengurus DPD Partai Golkar Tidore Kepulauan. (Foto; Kud For NMG)

TIVATIMUR.COM,TIDORE- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Provinsi Malu Utara (Malut), Sabtu (16/4/2022) melakukan silaturahmi ke sekretariat DPD Partai Golkar Tikep.

Silaturahmi ke sekretariat partai politik (Parpol) merupakan bagian dari program “LOLINGA” Pra Pemilu 2024 yang dicanangkan KPU dengan menggandeng Bawaslu Tikep.

Bacaan Lainnya

Ketua KPU Kota Tikep, Abdullah Dahlan mengatakan, program LOLINGA Pra Pemilu 2024 merupakan program yang digagas oleh KPU yang bekerjasama dengan Bawaslu Kota Tidore Kepulauan. Lolinga diambil dari bahasa Tidore, yakni berjalan keliling.

“Dengan program ini maka KPU dan Bawaslu akan melakukan silaturahim dengan berjalan keliling ke seluruh sekretariat partai yang ada di Kota Tidore Kepulauan untuk melakukan sosialisasi terkait kesiapan dalam menjelang Pemilu 2024,” ungkap Abdullah Dahlan.

“Sabtu kemaein, KPU dan Bawaslu melakukan silaturahim dengan ketua dan pengurus DPD Golkar di Sekretariat DPD Golkar yang bertempat di Kelurahan Tomagoba, Kecamatan Tidore Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara,” sambungnya.

Abdullah bilang, dalam program Lolingan Pra Pemilu 2024 tersebut, KPU dan Bawaslu melakukan sosialisasi terkait kesiapan Pemilu 2024 kepada pengurus partai, mulai dari Sosialisasi Hari Pemungutan Suara Pemilu dan Pilkada 2024, Sosialisasi Persiapan Pra Pendaftaran Verifikasi Peserta Pemilu 2024, Sosialisasi Media Informasi KPU, Sosialisasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, dan Sosialisasi Aplikasi Android Lindungi Hakmu.

Sementara Ketua Bawaslu Kota Tidore Kepulauan, Bahrudin Tosofu mengatakan, membicarakan Bawaslu dan KPU tentunya juga tidak lepas dari adanya sinergitas antarlembaga sebagai sesama lembaga penyelenggara pemilu.

“Bawaslu maupun KPU menjadi bagian dari lembaga penyelenggara pemilu dan merupakan suatu tugas mulia yang diemban oleh KPU serta Bawaslu. Tak terbataskan apakah sedang dalam tahapan maupun
pada tahapan non tahapan, tetap eksis saling bersinergi untuk bersama-sama merawat demokrasi,” jelasnya.

“Terima kasih dan apresiasi kepada KPU Tikep karena masi tetap bersinergi dengan Bawaslu dalam program yang luar biasa yakni Lolinga Pra Pemilu 2024. Dengan program ini kiranya dapat membantu terutama partai politik dalam mempersiapan diri menyambut Pemilu dan Pilkada 2024,” sambungnya, mengakhiri.

Ketua DPD Golkar Kota Tikep, Suldin Falabessy memberikan apresiasi kepada KPU dan Bawaslu atas program “Lolinga” Pra Pemilu 2024. Dengan program ini juga merupakan ajang silaturahim antara pengurus partai dengan penyelenggara pemilu.

“Selain itu, Lolinga Pra Pemilu 2024 ini juga sangat membantu kami dalam mempersiapkan data-data terkait pendaftaran peserta pemilu,” ungkapnya.

Di samping itu, dalam sambutannya, Ketua DPD Golkar Kota Tidore mengapresisasi Bawaslu dan KPU dalam mengawasi setiap tahapan pemilu, mulai dalam Pilkada 2020. Dirinya optimis dan percaya Bawaslu dan KPU untuk mengawasi dan menjalankan pemilu 2024 nanti.

“Kedepan pemilu 2024 sangat sulit sebab ada beberapa surat suara yang akan diawasi baik Bawaslu maupun KPU Tidore,” harapnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.