Pendapatan Pemkot Ternate Meningkat Jelang STQ

Samin Marsaoly

TIVATIMUR.COM,TERNATE- Pelaksanaan STQ tingkat nasional di Kota Sofifi, Maluku Utara (Malut), memberikan dampak positif bagi pendapatan daerah. Terutama untuk Kota Ternate, sebagai pintu masuk bagi khafila seluruh Indonesia.

Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintah Hukum dan Politik Pemkot Ternate, Samin Marsaoly mengatakan, hampir semua khafila dan kepala daerah se Indonesia yang datang ke Maluku Utara melalui Kota Ternate.

Tentunya, ini menjadi keuntungan sendiri bagi Kota Ternate. Sebab, sebelum menuju ke Sofifi, para khafila dan rombongannya lebih dulu nginap dan belanja di Kota Ternate.

“Dari sisi ekonomi selama menjelang pelaksanaan STQ, sangat membawa dampak bagi ekonomi di Kota Ternate,” ungkap Samin.

Samin bilang, kedatangan dari para kafilah dan rombongan bisa memberi pertumbuhan pariwisata, ekonomi dari sektor pajak retribusi dan pendapatan daerah.

Belum lagi kehadiran beberapa kepala daerah di Maluku Utara tentunya juga memberikan dampak yang signifakan bagi pertumbuhan ekonomi di Kota Ternate. Ini tentunya menjadi keuntungan sendiri bagi Pemkot Ternate, karena punya kesempatan untuk memperkenalkan branding Ternate kepada kepala –kepala daerah yang hadir.

“Jadi, kita tidak perlu lagi keluar daerah untuk mempromosikan prodak lokal, untuk memanfaatkan momen STQ Ini produk kita mulai peningkatan. Sebab Ternate jadi pintu masuk Maluku Utara bagi kedatangan kafilah,” ucap mantan Kadishub Kota Ternate ini.

Pemkot Ternate, lanjutnya, akan melakukan pertemuan dengan para kepala-kepala daerah untuk berdiskusi dan tukar pikiran untuk kemajuan Kota Ternate.

“Mulai hari ini Pemkot sudah mengagendakan sampai beberapa hari kedepan, yakni pertemuan dengan Gubernur Jawa Tengah, selanjutnya Sumatra Barat sekalgus pertemuan dengan perkumpulan masyarakat Minang dan Gorontalo,” akhirnya. (udi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.