Pemkot Ternate Siap-Siap Refocusing Tahap Tiga

Jusuf Sunya

TERNATE,TIVA- Belum tuntas dengan refocusing anggaran tahap dua untuk penanganan pemulihan ekonomi dampak Covid-19. Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate kembali dibuat pusing tujuh keliling dengan adanya rencana refocusing anggaran tahap ketiga.

Sekretaris daerah (Sekda) Kota Ternate, Yusuf Sunya mengaku terkait dengan rencana refocusing anggaran tahap tiga ini, pihaknya telah menerima edaran terbaru melalui pemerintah pusat. Hanya saja, belum diketahui secara pasti, berapa besar penyesuaian anggaran yang kembali harus dilakukan.

“Kita juga pusing, kalaupun ada refcusing tahap ketiga lagi, kira-kira pos belanja mana lagi yang harus dipangkas,” ungkapnya di halaman kantor Walikota, Rabu (4/8/2021).

Pemkot dalam penyesuaian anggaran tahap dua saja, dianggarkan senilai Rp.108 miliar. Dimana dari total anggaran tersebut, didalamnya termasuk rescedule kembali utang pihak ketiga yang harus diselesaikan oleh Pemkot.

Disinggung soal penyerapan anggaran penanganan Covid-19 ditahap dua, sebagaiamana yang disampaikan oleh Ketua Komisi II DPRD Mubin A.Wahid, terkait penyerapan anggaran yang belum maksimal.

Pasalnya refocusing 8 persen dari DAU senilai Rp. 600 miliar maka nilainya sekitar Rp. 47 miliar. Dari Rp. 47 miliar, kemudian diperuntukan penanganan covid-19 yang melekat di Dinkes senilai Rp. 23 miliar dan BPBD Rp. 24 miliar. Untuk Satgas Covid sudah dicairkan Rp. 12 miliar, dan Dinkes baru Rp 1,7 miliar.

Menurutnya, penyerapan anggaran tahap kedua ini juga sudah tuntas, tinggal hanya penyampaian laporan yang nantinya disampaikan oleh Pemkot ke DPRD terkait realiasi anggaran.

“Untuk teknisnya lebih jelas nanti bisa ditanyakan lagi ke Bagian Keuangan,karena mereka yang mengetahui secara persis soal penyerapan anggaran,kemudian skema penyesuaian anggran tahap ketiga seperti apa,” tukasnya. (asa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.