Pemda Pulau Taliabu Cuek Hilangnya KM Tiga Putri

KM Tiga Putri sebelum dinyatakan hilang

Tivatimur.com,Taliabu- Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab), Provinsi Maluku Utara, seakan “Mati Rasa” dengan hilangnya KM. Tiga Putri 2. Pasalnya, hilangnya kapal dengan rute Taliabu-Luwuk dilaporkan sejak Minggu (5/9/2021) dan hingga kini belum ditemukan, tetapi Pemda Pultab terkesan cuek.

KM. Tiga Putri 2 memuat 23 penumpang dari Pelabuhan Taliabu menuju Luwuk, kemudian dikabarkan hilang di perairan Sulawesi Tengah. Saat ini sudah dilakukan proses pencarian oleh tim SAR gabungan dari Kabupaten Banggai, Sulteng. Informasi yang diterima wartawan, kapal tersebut mengalami mati mesin dan terbawa angin dan arus.

Namun anehnya, Pemda Pultab tidak terlibat dalam pencarian kapal dengan kapasitas 67 GT itu. Padahal, 23 warga yang terdaftar dimanifes kapal merupakan warga yang berasal dari Taliabu.

Anggota DPRD Pulau Taliabu, Amrin Yusril Angkasa menilai, Pemkab Pulau Taliabu terkesan kurang aktif dalam melakukan pencarian kapal KM Tiga Putri 2.

“Saya menilai Pemda kurang pro aktif atas kehilangan KM Tiga Putri, padahal kalau mau dibilang, kapal tersebut berasal dari Pulau Taliabu. Seharusnya, Pemda melalui BPBD dan instansi terkait, perlu mengupayakan pencarian secara intensif,” kesal Amrin kepada wartawan, Jumat (10/9/2021).

Menurut Politisi Gerindra ini, harusnya ada upaya dari Pemda Pultab atas insiden hilangnya KM Tiga Putri ini, baik ikut melakukan pencarian dan juga evakuasi. Sebab, dalam kapal itu ada 23 penumpang yang merupakan warga Pulau Taliabu.

“Perlu saya mengingatkan kepada Pemkab Taliabu bahwa setiap kapal yang beroperasi padti dokumen sah yang diizinkan dari pihak pelabuhan awal kapal bertolak. Sehingga ini yang menjadi dasar bahwa Pemkab perlu optimal dalam menelusuri kehilangan KM Tiga Putri,” tegas Amrin.

“Perlu saya ingatkan hendak bertolak melakukan operasi yang pastinya ada dokumen sah yang di izin dari pihak pelabuhan awal kapal bertolak, sehingganya ini yang menjadi dasar bahwa Pemkab perlu optimal dalam menelusuri kehilangan KM Tiga Putri,” tegasnya.

“Jadi bukan hanya kapal yang kita cari, akan tetapi di dalam kapal itu ada 23 orang yang butuh pertolongan,” sambungnya, mengkahiri. (cim)

Berikut nama-nama 23 penumpang KM Tiga Putri 2 :

1.La Inda ( Nahkoda).

2. Ros Yeuyanan Inpapa Bahu

3. Lisna inpapa Bahu
4. Uni yardin Bapenu
5. Lasita Bapenu
6. Inong Bapenu
7. Ajis Bapenu
8. Laamuja Bapenu
9. Wasamsia Bapenu
10. Laabu Anak Anak

11. Rini M Bapenu

12. Abusahi Bapenu

13. Mama Ece
14. Adil Diwila Kawalo
15. Rais Pati Kawalo
16. Petrus Kilo
17. Marlin lintang
18. Fersu Delin Simon Kilo
19. La amuja Galebo Kilo
20. Dedi Wahyudi Bapenu
21. La Ode Wiratno Bapenu
22. Wa Ode Muisunia Bapenu
23. Arni Galebo


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.