Ketua Fraksi Golkar Tuding Bupati dan Wakil Bupati Halbar Zolimi Kades Lako Akediri

Ketua Komisi I DPRD Halbar, Joko Ahadi

TIVATIMUR.COM,HALBAR- Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Provinsi Maluku Utara (Malut), Joko Ahadi menuding Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Barat (Halbar), James Uang dan Djufri Muhammad menggunakan jabatan mereka untuk menzolimi Kades Lako Akediri, Kecamatan Sahu, Samsu Miradji.

“Pemecatan kades Lako Akediri Samsu Miradji yang rencana dilakukan Jum’at,(22/10/2021), adalah tindakan zolim oleh bupati dan wakil bupati,” tuding Joko Ahadi.

Padahal, Kades Lako Akediri telah menyampaikan sanggahan atas temuan yang dirilis oleh inspektorat kepada kades. Seharusnya Pemda Halbar menjawab sanggahan itu kepada kades jika Pemda bertujuan baik untuk lakukan pembinaan.

“Sanggahan dimasukan oleh kades belum dijawab lalu Pemda sewenang-wenang melakukan pergantian kades besok hari Jum’at. Berarti bupati dan wakil bukan memperbaiki daerah tapi merusak daerah itu sendiri,” cetus Joko.

Dirinya bahkan menuding rencana pemecatan yang dilakukan James Uang dan Djufri Muhammad terhadap Kades Lako Akediri disebabkan dendam pribadi.

“Setelah Inspektorat keluarkan temuan untuk kades Lako Akediri, selisi waktu hanya beberapa hari Kades suda mampu menyelesaikan sanggahan itu. Itu merupakan prestasi yang harus disport oleh Pemda, bukan malah memecat tanpa ada tanggapan balik. Apa ini bentuk didikan dan pembinaan atau penzaliman,” urai Joko.

Harga diri bupati dan wakil itu adalah menjalankan sesuatu yang tidak merugikan rakyat. Bukan mempertahankan kemauan untuk pemecatan dengan dasar balas dendam.

“Tindakan ini kami sangat menyesal, karena bukan lagi aturan yang dipakai tapi mencari aturan untuk menzolimi rakyatnya sendiri,” cecar Joko.

“Disayangkan lagi dalil Pemda lakukan pemecatan sementara kades adalah lakukan pembinaan, sementara sistem yang diterapkan untuk memenuhi keinginanan pemecatan tidak sama sekali terlihat membina,” sambungnya, mengakhiri.

Kepala Inspektorat Julius Marau yang dikonfirmasi wartawan atas masalah kades Lako Akediri meminta wartawan menghubungi tim pemeriksaan.

“Hubungi tim pemeriksa,” singkat Julius. (uum)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.