Forum Komunikasi Mancing Mania Malut Resmi Terbentuk

Pertemuan anggota Forum Komunikasi Mancing Mania Maluku Utara (FKMM-MU)

TERNATE,TIVA- Forum Komunikasi Mancing Mania Maluku Utara (FKMM-MU) resmi terbentuk. FKMM dibentuk dengan tujuan memberikan edukasi terhadap masyarakat terkait cara mengkap ikan yang baik, selain itu mengekspos di negara luar dan mencoba menarik daya tarik wisatawan mancanegara untuk datang berwisata di Maluku Utara.

Ketua Forum Komunikasi Mancing Mania (MM) Malut, Mahli Aweng mengatakan, awal terbentuknya lembaga ini seiringnya dengan kegiatan dies natalis Unkhair ke 57 yang  disertai lomba mancing mania  di Desa Modayama, Kecamatan Kayoa Utara, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Mahli bilang, kiprah dari Forum FKMM-MU akan membentuk suatu perkumpulan para pemancing untuk salin mengenal satu sama lain, sehingga terjalin rasa solidaritas dan ikatan persaudaraan yang kuat.

“Memancing selain hobi yang positif, tetapi bila dilakukan sendirian tidak akan mempunyai manfaat yang signifikan pada orang lain dan lingkungan sekitar. Namun hobi akan lebih asyik bila dilakukan bersama dengan teman yang memiliki visi dan misi yang sama,” katanya.

Lanjut Mahli, dengan membangun forum seperti ini, sudah tentu akan berkembang lebih pesat karena lebih teratur dan terarah. Diantaranya aktif terus serta menjaga keseimbangan ekosistem atau kelestarian lingkungan.

“Kita akan himpun orang-orang yang memiliki hobi memancing di seluruh kabupaten kota di Maluku Utara. Dari forum ini bisa diinformasikan  pengetahuan tentang teknik memancing  maupun pengalaman para pemancing dan juga ada informasi event, upaya pelestarian lingkungan agar ilegal fishing tidak marak terjadi,” ucapnya.

Sementara Sekretaris FKMM-MU, Erik M Harun menyebutkan, ada dua program yang dicanangkan FKMM-MU, pertama adalah promosi dan yang kedua adalah edukasi. Promosi yang dimaksud, karena hampir sebagian besar spot di Maluku Utara belum terekspos atau terpromosi secara baik oleh pemerinth,  akademisi secara nasional dan internasional.

“Dengan adanya forum Mancing Mania Malut ini, maka adanya suatu wadah promosi secara internasional sehingga negara luar bisa mengetahui sport mancing mania ada di Maluku Utara yang tidak kalah penting sport mancing mania di provinsi lain yang ada di Indonesia atau negara lain,” ungkapnya.

Untuk edukasi, lebih fokus pada masyarakat terkait pemahaman penangkapan ikan dengan tidak menggunakan cara ramah lingkungan yang hingga kini masih di anggap legal.  (kar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.