Dihantui Cuaca Ekstrim, BPBD Imbau Warga Tetap Waspada

Kepala BPBD Kota Ternate, Arif Gani (Tengah)

TIVATIMUR.COM,TERNATE- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut), mengimbau warga Kota Ternate tetap waspada dengan cuaca ekstrim yang terus menghantui wilayah Maluku Utara.

Kepala BPBD Kota Ternate, M. Arif Gani mengatakan, hingga saat ini status tanggap darurat bencana banjir rob yang melanda Kota Ternate belum dicabut. Sebab, wilayah Maluku Utara termasuk Kota Ternate masih dihantui cuaca ekstrim.

Bacaan Lainnya

Arif bilang, mulai hari ini tanggal 13 sampai pada tanggal 18 Desember 2021 nanti, sesuai prediksi BMKG akan terjadi hujan lebat, angin kencang disertai gelombang tinggi di perairan Provinsi Maluku Utara.

“Tanggal 16 itu di prediksi oleh BMKG puncak dari gelombang pasang, tetapi apakah akan sedasyat tanggal 4 kemarin, ataukah lain lagi, sehingga warga perlu waspada,” imbaunya.

Sementara terkait dengan sejumlah warga Kota Ternate yang diungsikan hingga saat ini belum bisa dipasti kapan dipulangkan. Sebab, Kota Ternate sementara masih dalam status tanggap darurat.

“BPBD sendiri masih memantau situasi dan kondisi cuaca alam, dan juga menunggu hasil prediksi cuaca alam dari BMKG. Sehingga ketentuan waktu untuk dipukangkannya warga pengungsian belum dipastikan,” jelas Arif.

BPBD, lanjutnya, telah mencatat kerusakan pemukiman warga dan fasilitas umum akibat dihantam gelombang pasang pada tanggal 4 Desember lalu. Setelah dari bencana ini, pihaknya akan lakukan rehalibitasi dan rekonstruksi bangunan yang rusak.

Diketahui, jumlah pengungsian yang terdata dari BPBD sebanyak 215 KK, sementara untuk jumlah jiwa secara kesuluruhan sebanyak 708 jiwa. Sedangkan jumlah kerusakan rumah warga dengan kategori rusak ringan sebanyak 16, rusak sedang 11, dan rusak berat 0. (tr1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.